Kaledo: Bukan hanya untuk orang kaili

 Semangkuk Kaledo (a bowl of Kaledo Soup)


 Kaledo, makanan khas masyarakat kailli, adalah sup tulang kaki sapi yang Nikmat disantap dengan ubi atau nasi.  Apalagi saat tengah hari yang panas begini.  Rasa kuahnya yang asam dan agak pedas membuat badan menjadi segar karena keringat yang dikeluarkan.     
Rumah makan yang menyediakan kaledo ini mudah ditemukan di kabupaten donggala dan sekitar kota Palu,  sehingga sangat popular  bukan hanya bagi orang kaili asli tapi juga pendatang dari luar palu. Tidak pengaruh berapa lama kamu sudah tinggal di palu,  karena kehebatan menghabiskan makanan ini hanya tergantung dari berapa lama pengalaman seseorang telah mengkonsumsinya.
 Kecuali mereka yang berpantang karena sakit atau sebab yang lain, orang yang sudah berpengalaman akan mampu menghabiskan lebih banyak dari yang baru pertama kali,  baik dari ukuran porsi maupun ragam isi yang disajikan.  Ada orang yang hanya mau menyantap daging lunaknya saja.  Ada yang lebih memilih ubi daripada nasi.  Tapi pada akhirnya mereka mencoba-coba semuanya.  Pengalaman menarik yang hanya didapat dari menyantap makanan sejenis ini adalah kamu boleh menghabiskan semuanya mulai dari daging empuk yang menempel di tulang iga sampai bagian yang lunak pada tulang dan sum-sum sekitar tulang lutut.
Jika ingin membuatnya sendiri di rumah,  selain bahan utama tulang kaki sapi, yang diperlukan adalah asam, jeruk nipis, garam, dan cabe rawit (hijau biasanya).  Walaupun hanya di rumah,  sediakan pula sekaleng minuman dingin dengan dua sedotan.  Satu untuk minum, satu untuk hirup (sum-sum tulang). Oya, Jangan lupa taburan bawang goreng khas Palu.  He he he. 
Rumah makan Kaili di Layana Indah, Palu Utara


1 Paket Nasi + ubi + kaledo


Hei... Mangkuk siapa ini makanannya tidak habis.
Ini juga.
Ayo liat, mangkuk inikah?
Pohon mangga depan rumah makan
kalo besok kesini lagi, cari pagar yang ada mangganya
Ingat-ingat, ada pohon sawo juga.
Ciri-ciri rumah makan adanya dahan pohon sawo yang tumbuh keluar pagar,
selain itu lihat... ada gapura menuju kompleks perumahan Polisi.
selain itu... silahkan cari-cari sendiri kalo masih nyasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar